Jumat, 20 Oktober 2017

Sticker TCash Tidak Terbaca di Mesin EDC

apakah anda pengguna T-cash?
Ya salah satu metode transaksi uang elektronik ini cukup memberikan kemudahan dan diskon-diskon yang diberikan cukup menyenangkan (khususnya seperti saya yang jg sebagai mahasiswa, hehe). Tcash menggunakan teknologi sticker NFC. cara penggunaannya pun mudah, saat saldo mencukupi untuk bertransaksi, cukup menempelkan sticker tap ke mesin EDC kemudian masukkan PIN.. 
Saya sudah menggunakan Tcash sejak awal 2017, namun pada tengah September kemarin, saya tidak bisa lagi menggunakan Tcash. Kenapa? Inilah yang ingin saya bagikan.

Saya melakukan pembayaran untuk beberapa Item di McD, setelah sticker Tcash di TAP di mesin EDC McD, terdapat tulisan (mohon periksa kembali akun T-wallet anda). Awalnya saya kira ada kesalahan dari sticker yang saya punya. Dan hal ini berlanjut bahkan dibeberapa mesin EDC toko yang lain. Ini sangat tidak mengenakkan bukan? Untungnya masih ada uang di dompet, bayangkan saja jika saat itu kita sedang tidak membawa uang. :'( 
Karena sudah beberapa kali mencoba dengan segala cara dan selalu gagal, akhirnya saya pergi untuk konsultasi ke Grapari Telkomsel Yogyakarta. pertama kali datang, akhirnya saya disuruh mengganti sticker, karena masalah yang terjadi belum terpecahkan dengan baik. setelah ganti sticker, tetap saja tidak bisa tetap dengan tulisan yang sama. Saya foto keterangan yang ada di mesin EDC agar lebih memudahkan saat konsultasi lagi. dan benar saja, setelah saya konsultasi untuk yang keduakalinya, akhirnya saya mengetahui permasalahannya..
  1. Pengguna Tcash
  2. Menginstal T-Wallet
  3. HP memiliki fitur NFC (android: Setting -> NFC & Sharing)
  4. Sticker dipasang di Handphone yng terinstal T-wallet namun bukan nomor yang sama dengan akun Tcash, (misalnya, nomor Tcash saya adalah 0822******08 dan saya punya 2 HP, HP A terisntal T-wallet dan dibelakangnya terpasang sticker Tcash namun HP A terpasang nomor 0812******08. Sedangkan HP B terpasang nomoer 0822******08 tadi)

Setidaknya 4 syarat itu terpenuhi, dan saat melakukan transaksi terdapat pesan seperti dibawah ini:

Nah, ternyata hal ini bukanlah salah dari Tcash dan T-wallet yang kita miliki. Mesin EDC tersebut ternyata membaca NFC yang ada di HP dan karena di HP A td terpasang nomor yang bukan akun TCash& T-Wallet, sehingga mesin menganggap hal ini bermasalah. Mungkin tidak akan ada masalah jika HP A menggunakan nomor yg sama dengan Tcash & T wallet.
Hal yg bisa dilakukan? Yang saya lakukan:
  1. Menghapus instalan Twallet di HP A dan menginstalnya di HP B
  2. Mematikan NFC HP A
  3. Bisa juga dengan menjauhkan sticker saat bertransaksi, kebetulan sticker saya terpasang di pelindung HP. (jd saat bertaransaksi, saya melepaskan HP dari pelindungnya dan menempelkan stiker langsung ke mesin EDC tanpa HP)

Alhamdulillah sudah bisa dipakai untuk transaksi lagi J
Pelajaran baru yg saya ambil dari pengalaman ini adalah:
  1. Sticker dapat digunakan tanpa harus tergantung dengan HP (asalkan sticker sudah aktif)
  2. Jangan menginstal T-wallet di HP yg terpasang sticker jika nomor yg digunakan dan terpasang berbeda.
sekian sharing dan #tipsalaayie. Semoga bermanfaat.. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar